.

the Passion part II  

Tuesday, April 07, 2009

Pencambukan

Dalam pencambukan yang dialami Yesus, tipe pencambukan yang dialami-Nya adalah pencambukan jenis verberatio. Pencambukan ini adalah pencambukan yang paling brutal dan kejam.
Pencambukan ini bahkan diasosiasikan dengan hukuman mati. Menurut para saksi mata, pencambukan ini menyebabkan kulit dan daging terbuka sehingga tulangpun kelihatan. Bahkan banyak yang meninggal dengan cara dicambuk seperti ini.

Cambuk yang dipakai sebenarnnya pendek, talinya terbuat dari kulit dan di sepanjang tali diikatkan besi runcing, tulang yang tajam dan bola besi. Bahkan talinya sendiri ada semacam gerigi=gerigi yang tajam.


Prosedurnya, Yesus bajunya dilucuti dan berpegangan atau dirantai di sebuah tiang kayu. Para algojo terdiri dari dua orang berdiri di sisi kanan dan kiri Yesus lalu melakukan pencambukan. Jadi ada dua cambuk dengan tipe yang sama yang dipakai untuk mencambuk Yesus.

Pencambukan dilakukan sekuta-kuatnya dan sekencang-kencangnya. Apalagi pencambukan Romawi tidak mengenal batas jumlah pukulan seperti Yahudi.

Akibat dari pencambukan bukan hanya lebam atau bonyok tetapi "bilur" artinya luka yang robek atau tercabik-cabik dan menimbulkan pendarahan. Efek dari pencambukan adalah penderitaan dan kehilangan darah yang cukup banyak (hipovolemia).

Setelah dicambuk Yesus dikenakan mahkota duri. Mahkota duri yang dikenakan pada Yesuis bukan cuma dikenakan di tepi atau di pinggir kepala=Nya tetapi menutupi seluruh kepala-Nya semacam topi. Setelah dipakaikan mahkota, para serdadu memukul mahkota yang di kepala Yesus, menyebabkan duru-duri semakin tertancap di kepala-Nya.

AddThis Social Bookmark Button


0 comments: to “ the Passion part II

Design by Amanda @ Blogger Buster